Senin, 05 Januari 2015

Komunikasi Bisnis _ Penulisan Resume

PENULISAN RESUME
I.                    Persiapan Menulis Resume
Dalam dunia bisnis, Resume disebut CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup. Dalam umum, Resume adalah suatu daftar dokumen yang berisi kualifikasi dan jalur karier anda yang disusun secara teratur, rapi dan menarik perhatian pembaca
Dalam mempersiapkan resume, ada  3 hal yang harus diperhatikan :
a.       Mencari info penting
Mencari info penting dapat dilakukan dengan :
·        Analisis Diri
Membantu anda dalam mengenal diri lebih mendalam, termasuk kelebihan dan kekurangannya
Contoh : Apakah mata kuliah yang paling baik dengan saya?
               Apakah IP saya secara keseluruhan?
·        Analisis Karir
Membuat dan menjawab segala macam pertanyaan yang berkaitan dengan karir anda di masa depan
Contoh : Apakah ada efek samping yang membahayakan kesehatan ?
              Apakah imbalan ada selain yang berbentuk imbalan ?
·        Analisis Pekerjaan
Karena para lulusan suatu perguruan tinggi belum memiliki pengalaman, maka perusahaan menyediakan orientasi kepada dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut :
Apakah tugas dan tanggung jawab pekerjaan ?
Apa karakteristik pribadi sesuai untuk tugas dan tanggung jawab pekerjaan ?

b.      Perencanaan Resume
Agar anda dapat melakukan wawancara dengan tim dari organisasi yang anda lamar


Perlu diperhatikan 3 hal berikut :
·        Tujuan karier
Anda harus memutuskan posisi apa yang anda minati dan lingkup perusahaan tersebut
·        Informasi pribadi
Data pribadi yang tercantum dalam resume adalah nama, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, jenis kelain dan jenis kelamin

·        Referensi
Organisasi – organisasi tertentu akan memberikan surat rekomendasi kepada anda  yang berisi tentang berbagai hal yang mereka ketahui semasa mereka mengenal anda

c.       Pembuatan Resume
Resume yang dibuat dalam berbagai bentuk. Resume yang baik, menekankan pada kompatibilitas kualifikasi anda dan propestik persyaratan kerja.

II.                 Rencana Pengorganisasian
a.       Resume kronologis
Cara pengorganisasian resume yang didasarkan pada kronologisnya yaitu pendidikan dan pengalaman sebagai judul isinya
b.      Resume Fungsional
Resume yang disusun atas dasar fungsi – fungsi dalam organisasi yang dapat dilakukannya yang baik, memerlukan suatu analisis diri, karier dan pekerjaan secara lebih baik
c.       Resume kombinasi
Kombinasi antara resume kronologis dan fungsional

III.               Masalah dalam membuat Resume
·        Resume terlalu panjang
·        Resume terlalu singkat
·        Terlalu banyak memakai kalimat yang kompleks


Tidak ada komentar:

Posting Komentar