BAGIAN I
SEJARAH PENGENALAN INTERNET DARI AWAL HINGGA MASA KINI
A. Sejarah
Perkembangan Internet
Internet berawal dari
diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Apa sebenarnya
jaringan komputer itu ? Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung
satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu
kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa
bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.
Pada awal
diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika
untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang
maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar
informasi melalui jaringan komputer.
Setelah angkatan
bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan
mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California
at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di
unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar
para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling
berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama
untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa
Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).
Perkembangan Teknologi
Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web
adalah Internet. Internet yang berawal dari
riset untuk pertahanan
dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis
yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat
beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.
1. Sejarah dari adanya
intenet dimulai
Berawal pada tahun
1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat
bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling
menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi
oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun
1957 Soviet meluncurkan sputnik).
a. Perkembangan besar
Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada
tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam
paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif
jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan
untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan
jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan
komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan
secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching
yang digunakan pada sambungan telepon publik.
pada tahun 1969 ketika
itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects
Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara
menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
Program riset ini
dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang
berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi
dan membentuk sebuah jaringan.
ARPANET kemudian
merancang sebuah jaringan dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat
memindahkan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, dan
ditetapkan sebagai sebuah standar pembangunan protokol baru yang saat ini
dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan disinilah
awal dari segala sejarah internet yang dikenal luas sampai saat ini.
Tujuan awal dibangunnya
proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan
Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer
yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk
mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya
informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET
hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University
of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu
jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada
bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh
daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga
membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET
dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan
"ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti,
universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama
DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Tahun 1972, Roy
Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang
lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi
populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer
ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University
College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang
menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer
yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih
besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan
untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
b. Perkembangan besar
Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan
protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu
TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah
suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini
dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol
yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di
berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan
sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol
internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.
Hari bersejarah berikutnya
adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail
dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah
lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan
atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang
membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol
resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission
Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan
Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan
newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan
alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem
nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer
yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.
Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat
manjadi 10.000 lebih.
Jaringan ARPANET
menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada
tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan
komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga
dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.
Tahun 1988, Jarko
Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet
Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali
melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini
membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah,
ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer
yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan
di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs
internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya
virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun
yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator
1.0.
c. Perkembangan besar
Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990
oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang
dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling
berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan
materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna
internet meroket.
2. Daftar Kejadian Penting Dalam Perkembangan
Internet :
1957
Uni Sovyet (sekarang
Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
1958
Sebagai buntut dari
"kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa,
dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat,
Advanced Research Projects Agency(ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat
mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu
sasarannya adalah teknologi komputer.
1962
J.C.R. Licklider
menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat
saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap
komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di
tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan
komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat
diimplementasikan dalam dunia nyata.
Pertengahan
1960-an ARPA mengembangkan ARPANET
untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing
Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan
hingga tahun 1969, yakniStanford Research Institute, University of California,
Los Angeles, University of California, Santa Barbara, danUniversity of Utah.
1965
Istilah
"Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.
1968
Jaringan Tymnet dibuat.
1971
Anggota jaringan
ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas
komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
1972
Sebuah kelompok kerja
yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk
meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk
jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama
dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak
Internet"
1972-1974
Beberapa layanan basis
data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank,
dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
1973
ARPANET ke luar Amerika
Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya
beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London
dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
1974
Vint Cerf dan Bob Kahn
mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP)
dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
1974
Bolt, Beranet &
Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari
ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data
publik pertama.
1977
Sudah ada 111 buah
komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
1978
Protokol TCP dipecah
menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet
Protocol(TCP/IP).
1979
Grup diskusi Usenet
pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari
Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu,
penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Di tahun ini pula,
emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC)
mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat
ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang
terhubung.
Layanan BITNET (Because
It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list,
dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science
Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang
ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND
Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF).
Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada
para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
1982 Istilah "Internet" pertama kali
digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan
tersebut.
Name server mulai
dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada
sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada
lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
1986 Diperkenalkan sistem nama domain, yang
sekarang dikenal dengan DNS(Domain Name System)yang berfungsi untuk
menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
B. Internet
saat ini
Tahun 1989, Timothy
Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu
semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam
internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan
sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu
dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah
pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon.
Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan,
lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan
informasi kepada masyarakat.
Di samping
manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan
terlalu bebasnya informasi yang ada di Internet. Sehingga memungkinkan
anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.
- Pengertian Internet
Internet dapat
diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
C. Perkembangan
Internet di Indonesia
RMS Ibrahim, Suryono
Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi
Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal
pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal
telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun
cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Tulisan-tulisan tentang
keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di
media cetak seperti KOMPAS berjudul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan
radio” di akhir tahun 1990 dan awal tahun 1991. Juga beberapa artikel pendek di
Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989.
Inspirasi
tulisan-tulisan awal Internet Indonesia datangnya dari kegiatan di amatir radio
khususnya di Amateur Radio Club (ARC) ITB di tahun 1986. Bermodal pesawat
Transceiver HF SSB Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama (YC1HCE) dengan
komputer Apple II milik Onno W. Purbo (YC1DAV) sekitar belasan anak muda ITB
seperti Harya Sudirapratama (YC1HCE), J. Tjandra Pramudito (YB3NR), Suryono
Adisoemarta (N5SNN) bersama Onno W. Purbo, berguru pada para senior radio
amatir seperti Robby Soebiakto (YB1BG), Achmad Zaini (YB1HR), Yos (YB2SV), di
band 40m. Robby Soebiakto merupakan pakar diantara para amatir radio di
Indonesia khususnya untuk komunikasi data packet radio yang kemudian didorong
ke arah TCP/IP, teknologi packet radio TCP/IP yang kemudian diadopsi oleh
rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI, dan ITB yang kemudian menjadi tumpuan PaguyubanNet
di tahun 1992-1994. Robby Soebiakto menjadi koordinator IP pertama dari
AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain
AMPR.ORG dan IP 44.132. Sejak tahun 2000, AMPR-net Indonesia di koordinir oleh Onno
W. Purbo (YC0MLC). Koordinasi dan aktivitasnya mengharuskan seseorang untuk
menjadi anggota ORARI dan di koordinasi melalui mailing list ORARI, seperti,
orari-news@yahoogroups.com.
Di tahun 1986-1987 yang
merupakan awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia, Robby Soebiakto
merupakan pionir di kalangan pelaku radio amatir Indonesia yang mengaitkan
jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan e-mail
store and forward yang mengkaitkan banyak “server” BBS amatir radio seluruh
dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar. Di awal tahun 1990, komunikasi
antara Onno W. Purbo yang waktu itu berada di Kanada dengan panggilan
YC1DAV/VE3 dengan rekan-rekan radio amatir di Indonesia dilakukan melalui
jaringan amatir radio ini. Dengan peralatan PC/XT dan walkie talkie 2 meteran,
komunikasi antara Indonesia-Kanada terus dilakukan dengan lancar melalui
jaringan radio amatir. Robby Soebiakto berhasil membangun gateway amatir
satelit di rumahnya di Cinere melalui satelit-satelit OSCAR milik radio amatir
kemudian melakukan komunikasi lebih lanjut yang lebih cepat antara
Indonesia-Kanada. Pengetahuan secara perlahan ditransfer dan berkembang melalui
jaringan radio amatir ini.
RMS Ibrahim (biasa
dipanggil Ibam) merupakan motor dibalik operasional Internet di UI. RMS Ibrahim
pernah menjadi operator yang menjalankan gateway ke Internet dari UI yang
merupakan bagian dari jaringan universitas di Indonesia UNINET. Protokol UUCP
yang lebih sederhana daripada TCP/IP digunakan terutama digunakan untuk
mentransfer e-mail & newsgroup. RMS Ibrahim juga merupakan pemegang pertama
Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang dikemudian hari dikenal sebagai
IDNIC.
Muhammad Ihsan adalah
staff peneliti di LAPAN Ranca Bungur tidak jauh dari Bogor yang di awal tahun
1990-an di dukung oleh pimpinannya Ibu Adrianti dalam kerjasama dengan DLR
(NASA-nya Jerman) mencoba mengembangkan jaringan komputer menggunakan teknologi
packet radio pada band 70cm & 2m. Jaringan tersebut dikenal sebagai
JASIPAKTA dengan dukungan DLR Jerman. Protokol TCP/IP di operasikan di atas
protokol AX.25 pada infrastruktur packet radio. Muhammad Ihsan mengoperasikan
relay penghubung antara ITB di Bandung dengan gateway Internet yang ada di BPPT
di tahun 1993-1998.
Firman Siregar
merupakan salah seorang motor di BPPT yang mengoperasikan gateway radio paket
bekerja pada band 70cm di tahun 1993-1998-an. PC 386 sederhana menjalankan
program NOS di atas sistem operasi DOS digunakan sebagai gateway packet radio
TCP/IP. IPTEKNET masih berada di tahapan sangat awal perkembangannya saluran
komunikasi ke internet masih menggunakan protokol X.25 melalui jaringan Sistem
Komunikasi Data Paket (SKDP) terkait pada gateway di DLR Jerman.
Putu sebuah nama yang
melekat dengan perkembangan PUSDATA DEPRIN waktu masa kepemimpinan Bapak
Menteri Tungki Ariwibowo menjalankan BBS pusdata.dprin.go.id. Di masa awal
perkembangannya BBS Pak Putu sangat berjasa dalam membangun pengguna e-mail
khususnya di jakarta Pak Putu sangat beruntung mempunyai menteri Pak Tungki
yang “maniak” IT dan yang mengesankan dari Pak Tungki beliau akan menjawab
e-mail sendiri. Barangkali Pak Tungki adalah menteri pertama di Indonesia yang
menjawab e-mail sendiri.
Suryono Adisoemarta
N5SNN di akhir 1992 kembali ke Indonesia, kesempatan tersebut tidak dilewatkan
oleh anggota Amateur Radio Club (ARC) ITB seperti Basuki Suhardiman, Aulia K.
Arief, Arman Hazairin di dukung oleh Adi Indrayanto untuk mencoba mengembangkan
gateway radio paket di ITB. Berawal semangat & bermodalkan PC 286 bekas
barangkali ITB merupakan lembaga yang paling miskin yang nekad untuk berkiprah
di jaringan PaguyubanNet. Rekan lainnya seperti UI, BPPT, LAPAN, PUSDATA DEPRIN
merupakan lembaga yang lebih dahulu terkait ke jaringan di tahun 1990-an mereka
mempunyai fasilitas yang jauh lebih baik daripada ITB. Di ITB modem radio paket
berupa Terminal Node Controller (TNC) merupakan peralatan pinjaman dari
Muhammad Ihsan dari LAPAN.
Berawal dari teknologi
radio paket 1200bps, ITB kemudian berkembang di tahun 1995-an memperoleh
sambungan leased line 14.4Kbps ke RISTI Telkom sebagai bagian dari IPTEKNET
akses Internet tetap diberikan secara cuma-cuma kepada rekan-rekan yang lain.
September 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB, karena keterkaitan ITB
dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3)
sehingga memperoleh bandwidth 1.5Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan
sambungan ke TelkomNet & IIX sebesar 2Mbps. ITB akhirnya menjadi salah satu
bagian terpenting.
Cara mengakses ke internet
Bila di rumah kita
tidak mempunyai komputer yang terhubung dengan internet, kita bisa memanfaatkan
warnet (warung internet) atau mungkin di laboratorium komputer sekolah yang
sudah terhubung ke internet untuk mencari informasi. Untuk mencari informasi
atau data kamu bisa klik/tekan shortcut/gambar jika kamu menggunakan browser
Internet Explorer. Kemudian isi alamat situs yang dituju pada Address. Untuk
mencari informasi secara cepat, gunakanlah situs pencari seperti : yahoo.com,
google.com, e-smartschool.com atau yang lainnya. Setelah masuk ke situs pencari
tersebut, masukkan keyword (kata kunci) yang dicari
D. Dampak Positif dan Negatif Akibat Perkembangan
Teknologi Internet
Internet
adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di
seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung
satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel
maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan
berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan
dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan
ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi
serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh
pihak lain yang tergabung dalam internet. Pihak yang telah tergabung dalam
jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang
dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server
bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan
ataupun untuk mengakses internet. Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan
teknologi internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang
dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan
komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat
jenis komputer itu sendiri. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah
dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan
jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai
jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu
saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun
negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di
bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan
internet.
Dampak Positif:
1. Internet sebagai
media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana
setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari
seluruh dunia.
2. Media pertukaran
data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web –
jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling
bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data,
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber
informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh
informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan
sebagai lahan informasi untuk bidang pendidi
kan, kebudayaan, dan
lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam
bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat
penawaran/penjualan.
Dampak Negatif :
1. Pornografi Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat
di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi
pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala
macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan
hal-hal yang bersifat tabu.
3. Penipuan Hal ini
memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding Karena sifatnya yang ‘real time’
(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling
banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak
melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat
mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan
mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data
yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5. Perjudian Dampak
lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi
tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya
perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak
agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
6. Mengurangi sifat sosial manusia karena
cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara
langsung (face to face).
7. Dari sifat sosial
yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
8. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat
dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
9. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama
yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk
melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana
cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada
batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun
bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya
(Sumber : ilmu27.blogspot.com)
BAGIAN
II
CARA
PENGGUNAAN STANDARD SEARCHING DI
INTERNET
Searching
atau pencarian informasi biasanya
menjadi bagian aktivitas berinternet. Agar proses pencarian tidak membuat
frustasi, awalilah dengan kata kunci dan frasa sesuai ‘bayangan’ Anda. Umumnya
penggunaan kata dan frase langsung yang dibatasi tanda petik digunakan saat
searching. Misalnya untuk pencarian “laptop murah”, “peluang usaha”, dan
seterusnya.
Cara
lain dengan menggunakan penambahan ‘operator’ skrip di depan keyword atau
frasa. ‘Operator’ allintext untuk mendampingi frasa pencarian, seperti berita,
group, direktori, dan produk. Misalnya, allintext film UFO, Google akan
menampilkan hasil pencarian yang hanya mengandung kata “film” dan ”UFO.”
Sementara
‘operator’ define: berfungsi untuk menunjukkan pencarian definisi kata
tertentu. Misalnya define: Joomla! Berarti mesin Google akan membantu
mencarikan definisi Joomla! melalui halaman-halaman website.
(Sumber :
rumahmatahari.multiply.com/reviews/item/7)
BAGIAN
III
CARA
MEMBUAT ID YAHOO.CO.ID BARU
2. Setelah Muncul
Gambar seperti diatas, sekarang anda tinggal klik Buat Account. setelah anda klik Buat Account maka akan
muncul Formulir pendaftaran Untuk email baru, seperti berikut:
3. Isilah formulir
anda dengan lengkap, Jika sudah selesai mengisi formulir, silakan klik
tombol “Buat Account Saya” Bila pengisian formulir tidak ada
yang keliru, maka akan muncul jendala baru seperti di bawah ini.
4. Bila Yang muncul
gambar seperti diatas berarti anda sudah berhasil membuat email di yahoo, dan
untuk langkah berikutnya silahkan anda "klik" "Lanjutkan"
6. Untuk mengetahui
apakah ada email baru yang masuk, silahkan anda KlikEmail seperti
Contoh gambar di atas.
8. Sampai disini
berarti anda sudah berhasil membuat email di yahoo. bila sudah semua cek email,
jangan lupa untuk Sign Out. (Sumber : artikelkomputerku.blogspot.com)
BAGIAN IV
PROSEDUR MASUK GRUP BIOMETRI USU
PRAKTEK KOMPUTER
1. Awal mula anda harus memiliki akun
yahoo terlebih dahulu
2. Apabila sudah mempunyai akun yahoo, silahkan memilih
menu Grup didalam table SITUS YAHOO!
3. Search Biometriusu10
pada tempat yang tersedia
4. Setelah dapat grup Biometri10 klik
grup tersebut
5. Klik menu Database, pilih dijurusan manakah anda berkuliah
6. Akan
muncul disebelah kanan baris ke dua pilihan Add Record. Klik.
7. Selanjutnya isi data yang tersedia
dengan sejujur-jujurnya
8. Apabila anda sudah menjadi member grup, maka biodata yang telah anda isi
tadi akan tertera didaftar jurusan anda
9. Selanjutnya klik menu Photos di menubar sebelah kiri dinding
halaman
10. Klik album poto dimana jurusan anda
berkuliah sesuai dengan stambuk masing-masing
11. Pilih menu Add Photo pada menu sebelah
kanan atas
12. Klik pilihan Add to an existing photo album , pilih album poto dimana anda
memasukkan poto anda tadi.
13. Klik ikon Next
14. Upload poto ke grup dengan memilih
ikon Select Files, pilih poto
terbaik anda.
15. Jika proses pengupload telah
berhasil, silahkan cek lagi poto anda beberapa saat kemudian apakah sudah masuk
kedalam album apa belum.
16. Semua database dan poto yang sudah dimasukkan ke grup
Biometriusu10 harus dikonfirmasi dan di accept oleh mentor Praktek Komputer,
Pak Abu Yazid.
Menu – menu yang terdapat pada grup Biometriusu10 :
1. Homes
Berisikan
update – update terbaru dari mentor seputar tugas terbaru atau info terbaru
seputar perkulihan computer
2. Mesagges
Disini
kita bisa berinteraksi dengan mentor seputar perkulihan. System nya mirip
dengan cara saat kita menggunakan email.
3. Files
Berisi
file atau data yang dikirim oleh mentor kepada semua anggota member grup
Biometriusu10. Nantinya akan masuk ke email masing-masing anggota member
4. Photos
Berisi
poto-poto yang sudah diupload anggota member ke grup
5. Links
Berisi
alamat website yang diberikan mentor kepada anggota member grup untuk
mempermudah proses perkuliahan
6. Database
Data –
data dan biodata dari member grup akan tersimpan dalam database ini
7. Members
Berisi
anggota members. Disini berfungsi untuk memberi ruang chat kepada sesame
member. Penggunaannya sama seperti mengirim dan menerima email biasa
(Sumber :
asia.groups.yahoo.com)
BAGIAN V
CARA CHATTING MENGGUNAKAN YAHOO
MESSENGERS
1.
Install aplikasi Yahoo Messenger 9, cara
instalnya bisa secara on line maupun offline. Untuk menginstall secara offline
bisa download master (instaler) Yahoo Messenger 9 di:
http://download.yahoo.com/dl/msgr9/id/ymsgr9id.exe (bisa diinstall di windows XP dan Vista)
http://download.yahoo.com/dl/msgr9/id/ymsgr9id.exe (bisa diinstall di windows XP dan Vista)
2.
Setelah menginstal, anda aktifkan Yahoo
Messenger 9, maka akan muncul kotak dialog berikut:
masukkan username dan password anda (dari yahoo ID pada saat anda membuat email)
misal: email saya : papao@yahoo.com, pasword : 12345678
YahooID : papao
password : 12345678
Klik tombol Sig in
Hilangkan centang Remember my ID & password agar data tersebut tidak terekam di komputer (saya sarankan jika anda menggunakan komputer di warnet yang tidak menggunakan deepfreeze, jika menggunakan komputer pribadi tidak pelu dihilangkan centangnya)
masukkan username dan password anda (dari yahoo ID pada saat anda membuat email)
misal: email saya : papao@yahoo.com, pasword : 12345678
YahooID : papao
password : 12345678
Klik tombol Sig in
Hilangkan centang Remember my ID & password agar data tersebut tidak terekam di komputer (saya sarankan jika anda menggunakan komputer di warnet yang tidak menggunakan deepfreeze, jika menggunakan komputer pribadi tidak pelu dihilangkan centangnya)
5.
Pada kotak dialog yang muncul pilih Regional,
tunggu hingga pada bagian Category muncul beberapa nama negara
7.
Pilih (double klik Indonesia 3, tunggu hinga
muncul kotak dialog berikut, klik Enter Chat
8.
Ketik Nomor (kode) yang diberikan oleh Yahoo,
kodenya acak.....pada saat saya gunakan aplikasi YM ; kode : znFF, kemudian
Tekan Submit, tunggu beberapa saat hingga selesai verifikasi hingga anda masuk
(aktif ) di room Indonesia3 (anda bisa memilih room lain seperti Jakarta,
bandung, Yogyakarta, dll)
9.
Untuk memulai chat :
a. Anda bisa langsung mengetik pada ruang teks jika ingin chat di public room, posisinya di bagian bawah tulisan T (atau dibawah report abuse) setelah anda mengetik pesan untuk berkenalan atau berbincang dengan teman chat yang ada di public room,tekan tombol send disebelah kanannya untuk mengirim pesan, jika ada balasan anda bisa membalasnya lagi
b. Anda bisa juga chat dalam mode private message, pada bagian kanan double klik sebuah nama user, misalnya dina_myta, maka akan muncul kotak dialog berikut:
(anda bisa mengklik beberapa user secara simultan, chating dengan beberapa user, pilih saja siapa user yang tersedia di kolom sebelah kanan yang akan anda ajak chating)
Pada ruang teks (bagian bawah kotak dialog atau disamping tombol send), anda bisa mengetik pesan, smile gambar kepala orang, audible (gambar kartun dengan suara dan tingkah lucu) kemudian klik tombol send untuk mengirim pesan
a. Anda bisa langsung mengetik pada ruang teks jika ingin chat di public room, posisinya di bagian bawah tulisan T (atau dibawah report abuse) setelah anda mengetik pesan untuk berkenalan atau berbincang dengan teman chat yang ada di public room,tekan tombol send disebelah kanannya untuk mengirim pesan, jika ada balasan anda bisa membalasnya lagi
b. Anda bisa juga chat dalam mode private message, pada bagian kanan double klik sebuah nama user, misalnya dina_myta, maka akan muncul kotak dialog berikut:
(anda bisa mengklik beberapa user secara simultan, chating dengan beberapa user, pilih saja siapa user yang tersedia di kolom sebelah kanan yang akan anda ajak chating)
Pada ruang teks (bagian bawah kotak dialog atau disamping tombol send), anda bisa mengetik pesan, smile gambar kepala orang, audible (gambar kartun dengan suara dan tingkah lucu) kemudian klik tombol send untuk mengirim pesan
11.
Anda bisa kembali chating (ikuti prosedur 9)
12. Untuk keluar anda bisa menutup semua kotak
pesan kemudian ke menu bar, klik Messenger, klik Sign out, agar orang lain
tidak bisa menggunakan user ID anda.
(Sumber
: artikelkomputerku.blogspot.com)
BAGIAN VI
CARA PENGGUNAAN JEJARING SOCIAL
FACEBOOK
Facebook sudah menjadi barang yang
tidak asing lagi, hampir semua orang yang sering menggunakan internet bisa
dikatakan menggunakan facebook walaupun belum semuanya. Facebook, dianggap oleh
sejumlah pengamat IT, bahkan juga pengawas keamanan digital Eropa, mengecilkan
arti isu keamanan dan privasi. Beberapa Senator AS misal, melakukan seruan
publik terhadap Facebook untuk mempertimbangkan ulang sistem palang privasi
mereka.
Serikat Kebebasan Hak Sipil Amerika,
ACLU, meluncurkan sebuah petisi yang langsung ditujukan kepada pendiri
Facebook, Mark Zuckerberg. Inti petisi menekankan agar ia (Mark) untuk mendapat
kembali kepercayaan pengguna dengan memberi kontrol terhadap semua informasi
yang dibagi lewat Facebook. Awal Pekan ini, pejabat pengawas keamanan digital
Eropa menyoroti kontroversi tersebut dan menyebut perubahan privasi yang dilakukan
Facebook “tidak dapat diterima”. Sejumlah pengguna dari kalangan orang-orang
disorot publik juga menghapus akun Facebok setelah situs tersebut mengenalkan
fitur baru yang membolehkan situs non-Facebook, atau pihak ketiga, menayangkan
pandangan/status pengguna Facebook tanpa persetujuan mereka.
Fitur baru tersebut dikenal sebagai
Sosial Plugin. Dengan fitur baru itu, setiap situs non-Facebook dapat menjadi
bagian dari Page di jejaring Facebook. Cukup melekatkan tombol “Like”, maka
setiap orang–yakni pemilik akun di Facebook–yang mengklik, akan terhubung
dengan situs tersebut. Kontan fitur tersebut dianggap menyalahi aturan privasi.
Isu privasi memang sering menerpa Facebook. Apalagi setelah informasi terbaru
melaporkan seorang Hacker menjual sekitar 1,5 juta akun Facebook yang berhasil
dibobol, kepada pembeli yang berminat.
Bagaimana cara menggunakan facebook
tersebut untuk mengakali masalah privasi pada Facebook. Berikut hal yang harus
dihindari menurut saran situs konsultasi dan perlindungan konsumen di Amerika
Serikat, ConsumerReport.org.
a. Menggunakan Pasword Lemah
Jangan gunakan nama sederhana atau
kata-kata yang da dalam kamus, bahkan meski dikombinasikan dengan angka.
Alih-alih, gunakan campuran huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Sebuah
kata sandi paling tidak harus memiliki delapan karakter. Salah satu trik bagus
adalah menyisipkan sejumlah huruf atau simbol di tengah kata, seperti variasi
kata “housses”: h027usEs!
b. Menulis Tanggal Lahir Lengkap di
Profil
Ini salah satu target ideal bagi pencuri
identitas, yang dapat memanfaatkannya untuk menggali informasi lebih tentang
anda dan mendapat berpotensi mencari akses ke rekening bank atau kredit anda.
Jika anda telah memasukkan tanggal lahir, segera akses halaman profil dan clik
pada tab Info, lalu masuk ke Edit Information. Di bawah seksi Basic
Information, pilih hanya menampilkan bulan dan tanggal, atau bila perlu, tanpa
ulang tahun sama sekali.
c. Tak Memanfaatkan Kontrol Privasi
Hampir semua akses informasi dalam
akun Facebook anda dapat anda batasi, hanya untuk teman, teman dari teman, atau
anda sendiri. Di antara semua informasi, disarankan untuk membatasi akses
kepada foto, tanggal lahir, pandangan keagamaan dan informasi keluarga. Anda
dapat memilih orang-orang tertentu atau akses grup untuk item-item tertentu
seperti foto, atau bahkan mengeblok orang tertentu dari akses tersebut. Lebih
baik jangan meninggalkan info kontak seperti nomor ponsel dan alamat. Tentu
anda tak ingin ada orang yang mengakses atau memanfaatkan informasi tersebut..
d. Membiarkan Search Engine Menemukan
Anda
Untuk membantu mencegah orang-orang
asing mengakses halaman profil anda, pergike bagian Search di kontrol privasi
milik Facebook dan pilihlah Only Friends (Hanya Teman) untuk hasil pencarian
Facebook. Pastikan pula kotak untuk public search result (hasil pencarian
publik) tidak dicentang.
e. Membolehkan Anak-Anak Menggunakan
Facebook Tanpa Diawasi
Facebook membatasi usia keanggotaan
mulai dari 13 tahun ke atas. Namun, kadang anak-anak dibawah usia itu ada yang
menggunakan. Jika anda memiliki bocah berusia muda atau remaja awal di
Facebook, cara paling baik untuk mengawasi adalah menjadi teman mereka. Gunakan
alamat email anda sebagai kontak akun mereka, sehingga anda dapat menerima
notification (pemberitahuan) dan memonitor aktivitas mereka. “Apa yang mereka
pikir hal biasa dapat benar-benar sangat serius,” ujar agen khusus pengawas
pada Pusat Keluhan Kriminal Internet, Charles Pavelites. Sebagai contoh,
seorang anak yang menulis “Ibu akan pulang segera, Aku perlu menyiapkan
makanan,” setiap hari secara rutin akan memberi tahu publik jadwal rutin orang
tua datang dan pergi serta kapan si anak sendirian di rumah. Bukan tak mungkin
itu dimanfaatkan oleh orang berniat jahat.
Menu – menu utama dalam Facebook :
1. Pada kelompok pertama, Anda akan
melihat 3 menu (Friend Requests,Messages, dan Notificatons)
yang terletak di sebelah kanan logo Facebook. Yang pertama adalah menu Friend
Request, Anda bisa langsung mengetahui Friend request terbaru disini..
2. Selanjutnya ada menu Messages.
Jika dulu kita baru bisa mengetahui judul dan pengirim pesan setelah masuk ke
menu Inbox. Kini Anda tidak perlu pergi ke halaman baru, karena pada menu Messages sekarang
Anda bisa melihat siapa yang mengirim pesan terbaru dan judulnya dari halaman
utama.
3. Menu Notifications pada
tampilan yang lama ada di pojok kanan bawah disebelah kotak menu Chat.
4. Sekarang kita masuk ke kelompok
kedua, disini juga ada 3 bagian yaitu menu utama, aplikasi dan chat.
Persis dibawah gambar Profile Picture, Anda akan menemukan menu
utama. Sama seperti yang dulu, News Feed berfungsi untuk
melihat berita terbaru dari teman Anda.Messages sama fungsinya
dengan tombol cepatnya yang ada di kelompok pertama. Daftar acara dan siapa
yang berulang tahun bisa Anda lihat dari menu Events. Sementara
itu, video kini disatukan ke dalam menu Photos. Susunan foto dan
video serta tombol unggah disini terasa lebih simpel. Terakhir ada menu Friends,
daftar pengelompokkan teman ada di menu ini.
5. Selanjutnya Anda akan menemukan
kelompok menu aplikasi. Semua aplikasi Facebook yang Anda gunakan akan disusun
disini. Yang baru adalah menu Games, disini Anda dapat melihat
daftar Games yang Anda dan teman Anda ikuti. Bahlan Anda juga bisa tahu kapan
teman Anda terakhir memainkan Games terakhir. Dibawah menu aplikasi, Anda bisa
melihat daftar teman yang sedang online. Meski daftarnya ada
di bagian kiri, kotak chatting tetap akan muncul di bagian
kanan bawah seperti tampilan lama.
Kelompok ketiga adalah kelompok menu
yang berkaitan langsung dengan pengaturan akun Anda. Mengubah daftar teman,
mengatur tampilan dan privasi dapat Anda lakukan disini. Yang baru dari
kelompok ini adalah adanya menu Credits Balance. Menu ini berguna
bagi mereka yang melakukan transaksi dengan fasilitas aplikasi Facebook seperti
memasang iklan atau transaksi pada aplikasi games.
(Sumber : kutak-ketik.blogspot.com)
(Sumber : diatasawan.com)
BAGIAN VII
CARA PENGGUNAAN JEJARING SOCIAL
TWITTER
Twitter adalah jejaring sosial yang
paling populer selain facebook. Keunggulan utama yang ada di twitter adalah
kesederhanaan penggunaan dan fitur timeline dinamis yang memungkinkan pengguna
untuk terus aktif berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Cara menggunakan twitter bagi pemula
:
1. Memahami symbol dan istilah twitter
a. Follower adalah orang yang mengikuti
kita dan mereka akan menerima setiap pembaharuan status yang kita lakukan. Hampir sama dengan status
di Facebook.
b. Following artinya orang yang kita ikuti,
dan kita akan menerima setiap update status yang dia lakukan.
c. Reply adalah balasan. Untuk
melakukan balasan, cukup klik ‘Reply’ yang terletak persis dibawah kotak
pengisian tweet. Artinya kita akan membalas atau merespon status orang
tersebut.
d. ReTweet yaiyu men-tweet ulang status
orang lain atau menerbitkan status orang tersebut di status kita. Hal ini
dilakukan dengan berbagai alasan mungkin untuk mengomentari statusnya tersebut,
atau sekadar mempublikasikan ulang statusnya tersebut karena statusnya menarik
atau memberi inspirasi dan bermanfaat buat folower kita.
e. Direct Message sering pula disebut
DM, adalah pesan personal, seperti message di Facebook. Pesan ini tidak
terpublikasikan di timeline (wall kalau di Facebook), jadi hanya kita saja yang
bisa membacanya.
f.
Trending
Topic yaitu topik/isu yang lagi hot atau sedang hangat dan ramai dibicarakan
orang
g. Favorites dipakai untuk menyimpan
tweet tertentu yang diinginkan (karena kita sukai tentu saja).
h. @ adalah simbol yang ditulis didepan
nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut
atau untuk share status kita pada nama pengguna yang kita beri simbol.
Sobat bisa berinisiatif menggunakan
simbol ini pada sahabat, partner, atau rekan bahkan folower kita, sehingga mereka akan menerima tweet kita.
Simbol ini juga secara otomatis akan terpakai jika sobat akan me-reply tweet
seseorang.
Contoh
pemakaian:
@Fandy
Have a nice day bro!
i.
#
(disebut hash tag) adalah simbol yang ditulis di depan topik tertentu agar
pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.
Contoh
pemakaian:
@NajwaShihab:
Hd nice chat with Luna Maya. Curhat soal twitter & infotainment : ) Watch
lengkapnya di #matanajwa
j.
RT
adalah simbol untuk istilah ReTweet. Dengan menggunakan simbol RT berartisobat
menerbitkan ulang tweet orang lain dalam profil kita sendiri dan biasanya
diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali. Untuk melakukan
retweet, caranya sangat sederhana. Dibawah setiap tweet seseorang, pasti ada
tombol ReTweet. Nah, klik saja tombol tersebut, maka tweet secara otomatis akan
muncul di profil kamu, dengan format RT @pemilik_tweet [isi tweet].
Contoh: RT
@DuniaKomputer trik untuk mengakali RTO (request time out) http://bit.ly/aHjKO
Disamping
itu, kamu juga bisa menggunakan RT
ketika memberikan komentar terhadap tweet seseorang. Dalam hal ini, kamu memakai RT untuk mengingatkan
bahwa komentarmu itu terkait dengan tweet yang kamu RT (soalnya di Twitter
tidak ada komentar yang tersusun secara threaded kayak di Facebook)
Contoh:
Coba kau petik satu, mungkin salah satu diantaranya adalah aku hehe.. RT
@khalid Hari ini aku melihat banyak bintang.
2. Menambah teman atau mencari teman
a.
klik Find People.
b. Ada empat pilihan. Pertama, Browse
Suggestions (melihat saran Twitter mengenai orang terkenal, ahli atau
pakar di bidang yang kita sukai, misalnya Entertainment.
c. Jika kita “mengikuti” orang, tweet orang
tersebut akan muncul di halaman Home Twitter kita.
d. Kita bisa mengikuti (follow) dan
berhenti mengikuti (unfollow) orang ini kapan saja.
e. Kedua, Find Friends (menemukan
teman atau kontak di email yang sudah memakai Twitter dengan memberi Twitter
akses ke email Gmail, Yahoo atau Aol milik kita).
f.
Ketiga, Invite
by email, (undang teman-teman ke Twitter memakai e-mail mereka), dan
g. Keempat, Find on Twitter (temukan
orang, organisasi atau perusahaan yang sudah ada di Twitter dengan menggunakan
nama pengguna (user name) mereka). KlikSearch untuk memulai
pencarian.
(Sumber : woezone.com)
DAFTAR PUSTAKA
Ilmu27.blogspot.com
rumahmatahari.multiply.com/reviews/items/7
artikelkomputer.blogspot.com
asia.groups.yahoo.com
kutak-ketik.blogspot.com
diatasawan.com
woezone.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar